Memilih Pesantren


Pesantren di Indonesia memiliki peran yang sangat besar, baik bagi kemajuan muslim itu sendiri maupun bagi penduduk Indonesia secara keseluruhan. Berdasarkan catatan yang ada, kegiatan pendidikan agama di Jawa misalnya telah dimulai sejak sebelum proklamasi.
Pesantren merupakan salah satu pengajaran klasik dimana para siswanya berdomisili dan study di bawah bimbingan buya dan memiliki rumah untuk tempat berdomisili para peserta didik. Santri tersebut berada dalam asarama yang juga ada masjid untuk sholat sekaligus sebagai ruang untuk belajar, dan aktifitas ma'had lainnya. Kompleks ini biasanya dikelilingi oleh perumahan desa. Pesantren merupakan istilah yang menunjukkan satu pengertian. Pesantren menurut pengertian dasarnya adalah tempat belajar para santri, sedangkan pondok berarti rumah atau tempat tinggal sederhana terbuat dari bambu. Di samping itu, kata pondok mungkin berasal dari Bahasa Arab Funduq yang berarti asrama atau hotel.
Di Jawa termasuk Ponorogo umumnya digunakan istilah pondok dan pesantren, sedang di Aceh dikenal dengan Istilah dayah atau rangkang atau menuasa, sedangkan di Minangkabau disebut surau. Pesantren juga dapat diartikan sebagai lembaga penggodokan dan pengajaran agama, biasanya dengan cara nonklasikal, di mana seorangbuya mengajarkan ilmu agama Islam kepada para peserta didik berdasarkan buku-buku yang ditulis dalam bahasa Arab.
Umumnya, suatu Pesantren memiliki ciri sendiri. baik yang berbentuk modernataupun klasik. Di Jawa Timur contohnya, sebagai salah satu centre Pesantren terbagus di Jawa Timur tersebar beragam pesantren. Tersebutlah Pesantren Salafiah sebagaimana pondok hudatul muna, ada juga pesantren moderen semisal Pondok Gontor.
Selain daripada itu, ada juga pondok yang menginduk pada ormas seperti Nahdliyin dan adapula yang yang berafiliasi ke Muhammdiyah. Beberapa pondok tersebut bisa menjadi pilihan, misalnya PondokMBS Ponorogo , dimana memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri. Ada program bahasa arab dan inggrisasing, hafalan al Qur'an maupun al Hadis. terletak di tempat yang tepat dan dekat dengan fasilitas umum. berkiatan dengan biaya, lumayan terjangkau dan bahkan ada program beasiswa bagi santri berprestasi maupun yang yatim.

Comments

Popular posts from this blog

Ponorogo dan Pameran pendidikan

Kegiatan Panti Al Maun Balong

Nyantri itu Keren